PEMETAAN STANDAR ISI
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program :
X- Umum
Semester : Ganjil dan Genap
STANDAR KOMPETENSI : 1,
2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, dan 16
Kompetensi Dasar
|
Tingkat Berpikir
|
Indikator
|
Tingkat Berpikir
|
Materi Pokok/Pengembangan
|
Ruang Lingkup
|
Waktu
|
|
1.1
|
Menanggapi siaran atau
informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
|
C5
|
Menuliskan isi siaran televisi melalui rekaman
yang telah disiapkan dengan urutan
yang runtut.
Menyampaikan kembali secara lisan isi berita yang
telah ditulis secara runtut dan jelas.
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan
informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
|
C1
C3
C5
|
Rekaman
berita radio/ televisi
Pokok-pokok
isi berita
Tanggapan
isi berita
|
4
2
2
|
2 x 45
|
1.2
|
Mengidentifikasi
unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu
cerita yang disampaikan secara
langsung/melalui rekaman
|
C3
|
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik (tema,
penokohan, konflik, amanat, dll)
Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,
kebudayaan, agama, dll)
Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman
|
C2
C2
C3
|
Unsur intrinsik
(tema, penokohan, konflik, amanat, dll)
Unsur
ekstrinsik (moral, budaya, agama)
|
2
2
2
|
2 x 45
|
2.1
|
Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
|
C3
|
Mengucapkan kalimat perkenalan sebagai moderator
dengan intonasi yang tepat.
Menggunakan diksi yang tepat.
Menanggapi kekurangan yang terdapat pada
pengucapan kalimat perkenalan.
Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
|
C1
C2
C2
C3
|
Contoh
kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang
lain di dalam forum resmi:
1. Penggunaan
diksi
2. Penggunaan
struktur kalimat
|
2
2
2
2
|
2 x 45
|
2.2
|
Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai
berita, artikel, atau buku)
|
C4
|
Mencatat masalah dari berbagai sumber.
Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan
buku.
Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah
yang disampaikan.
Mendaftarkan kata-kata sulit dalam teks bacaan.
Membahas makna kata-kata sulit
|
C1
C2
C3
C4
C4
|
1. Teks
berita, artikel, atau buku.
2. Penentuan
masalah dalam berita.
3. Daftar
kata sulit dan maknanya.
|
4
2
2
4
2
|
2 x 45
|
2.3
|
Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan
ekspresi yang tepat
|
C2
|
Menyampaikan secara lisan pangalaman pribadi
(lucu, menyenangkan, mengaharukan, dsb) dengan pilihan kata dan ekspresi yang
tepat.
|
C2
C2
|
Cerita
Pengalaman (lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb)
1.
Penggunaan diksi
2.
Pengunaan intonasi, jeda, dan ekspresi
|
2
2
|
2 x 45
|
3.1
|
Menemukan
ide pokok berbagai teks nonsastra
dengan teknik membaca cepat (250
kata/menit)
|
C4
|
Membaca
cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
Membuat
ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut
Menemukan
ide pokok paragraf dalam teks
|
C3
C3
C4
|
Teks nonsastra dari berbagai sumber
Ide pokok tiap paragraf
Fakta dan opini
Ringkasan isi
|
3
4
3
|
2 x
45
|
3.2
|
Mengidentifikasi
ide pokok teks nonsastra dari berbagai
sumber melalui teknik membaca
ekstensif
|
C4
|
Mengidentifikasi
ide pokok tiap paragraf
Mengidentifikasi fakta dan pendapat
Menuliskan
kembali isi bacaan secara ringkas
dalam beberapa kalimat
|
C1
C1
C4
|
Teks nonsastra dari berbagai sumber
Ide pokok tiap paragraf
Fakta dan opini
Ringkasan isi
|
3
3
4
|
2 x 45
|
4.1
|
Menulis
gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu
dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
|
C4
|
Mendaftar
topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
Menyusun
kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
Mengembangkan
kerangka yang telah dibuat menjadi karangan naratif
Menggunakan
kata ulang dalam paragraf naratif
Menyunting
paragraf naratif yang ditulis teman
berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
|
C1
C2
C3
C3
C4
|
Paragraf naratif
Pola pengembangan paragraf naratif
(urutan waktu, tempat)
Ciri/karakteristik
Kerangka
Penggunaan kata ulang
|
3
4
4
4
3
|
6 x 45
|
4.2
|
Menulis
hasil observasi dalam bentuk paragraf
deskriptif
|
C4
|
Mendaftar
topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
Menyusun
kerangka paragraf deskriptif
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf deskriptif
Menggunakan
frase ajektif dalam paragraf deskriptif
Menyunting
paragraf deskriptif yang ditulis teman
|
C1
C2
C3
C3
C4
|
Paragraf
deskriptif
Contoh
paragraf deskriptif
Ciri/karakteristik
paragraf deskriptif
Kerangka
paragraf deskriptif
Contoh penggunaan frase ajektif dalam
paragraf deskriptif
|
4
4
4
4
3
|
6 x 45
|
4.3
|
Menulis
gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
|
C4
|
Mendaftar
topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf ekspositif
Mengidentifikasi
kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf ekspositif
Menyusun
kerangka paragraf ekspositif
Menyunting
paragraf eksposisi yang ditulis teman
|
C1
C1
C3
C3
C4
|
Contoh
paragraf ekspositif
Pola
pengembangan paragraf ekspositif
Contoh
penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
|
4
3
4
4
3
|
6 x 45
|
5.1
|
Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun
melalui rekaman
|
C2
|
·
Mengidentifikasi bentuk puisi
·
Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi
dan bermakna lambang)
·
Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
·
Menemukan arti kata-kata berkonotasi dan makna lambang
|
C1
C1
C2
C2
|
Bentuk puisi (quatrain, terzina, dll.)
Puisi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna
lambang)
Unsur-unsur puisi
Kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang
|
2
2
2
4
|
2 x 45
|
5.2
|
Mengungkapkan isi suatu
puisi yang disampaikan secara langsung
ataupun melalui rekaman
|
C2
|
· Menyebutkan
tema puisi yang didengar
· Menyebutkan jenis puisi yang didengar
(balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
· Menjelaskan
maksud puisi
· Mengungkapkan
isi puisi dengan kata-kata sendiri
|
C1
C1
C2
C2
|
Tema puisi
Jenis-jenis puisi
Puisi
Isi puisi
|
2
2
2
2
|
2 x 45
|
6.1
|
Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita
pendek melalui kegiatan diskusi
|
C3
|
· Menceritakan kembali isi
cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
· Mengidentifikasi
kalimat langsung dan tidak lang-sung dalam cerpen
· Mengungkapkan hal-hal
yang menarik atau mengesankan
· Mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
cerita pendek yang dibaca.
|
C1
C1
C2
C3
|
Naskah cerita pendek
Kalimat langsung dan tak langsung
Hal yang menarik dalam cerpen
Unsur-unsur intrinsik
|
2
2
3
4
|
4 x 45
|
6.2
|
Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
C4
|
· Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen (moral,
sosial, budaya, pendidikan, agama)
· Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
· Mengaitkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
dengan kehidupan sehari-hari (moral, sosial, budaya, pendidikan, agama)
|
C2
C3
C4
|
Nilai moral, sosial, budaya, pendidikan, agama dalam
sebuah cerpen
Diskusi nilai moral, sosial, budaya, pendidikan, agama
Mengaitkan nilai moral, sosial, budaya, pendidikan,
agama dengan kehidupan sehari-hari
|
2
4
2
|
4 x 45
|
7.1
|
Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi
yang tepat
|
C3
|
· Membaca puisi dengan lafal, nada,
tekanan, dan intonasi yang tepat
· Menanggapi pembacaan puisi mengenai
lafal,nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
· Menilai pembacaan puisi berdasarkan rubrik
penilaian
|
C1
C2
C3
|
· Membaca puisi
· Penanggapan pembacaan puisi dari
segi:
-
Lafal
-
Nada
- Tekanan
-
- Intonasi
|
3
2
4
|
2 x 45
|
7.2
|
Menganalisis keterkaitan
unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
C4
|
· Membaca cerpen
· Mengidentifikasi unsur intrinsik (tema, penokohan, dan
amanat) suatu cerpen
· Mengaitkan tema, penokohan, dan
amanat cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
C1
C1
C4
|
·
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerpen
·
Membaca
cerpen
|
3
3
2
|
2 x 45
|
8.1
|
Menulis puisi lama dengan
memperhatikan bait, irama, dan rima
|
C3
|
· Mengidentifikasi puisi lama (pantun dan syair) berdasarkan
bait, irama, dan rima
· Menulis pantun/syair dengan memperhatikan
bait, rima, dan irama
· Membedakan bentuk pantun dan syair
· Mengoreksi puisi lama (pantun dan syair) yang
dibuat teman
|
C1
C2
C2
C3
|
Contoh
puisi lama
(pantun
dan syair)
· Bait
· Irama
· Rima
· Perbedaan pantun dengan syair
|
4
4
3
4
|
2 x 45
|
8.2
|
Menulis puisi baru dengan
memperhatikan bait, irama, dan rima
|
C3
|
· Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan
rima
· Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait,
irama, dan rima
· Mengoreksi puisi baru yang dibuat teman
|
C1
C2
C3
|
Contoh
puisi baru
· Ciri-ciri puisi baru
· Bait
· Rima
· irama
|
4
4
4
|
2 x 45
|
9.1
|
Menyimpulkan isi informasi
yang disampaikan melalui tuturan langsung
|
C2
|
·Mencatat pokok-pokok isi informasi yang
disampaikan melalui tuturan langsung
·
Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah
dipahami.
·Menyampaikan secara lisan isi informasi
yang teleh ditulis secara runtut dan jelas.
|
C1
C2
C2
|
Informasi
dari tuturan langsung tentang topik tertentu
Pokok-pokok
isi informasi
|
4
4
2
|
2 x 45
|
9.2
|
Menyimpulkan isi informasi
yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang
dibacakan)
|
C2
|
·Mencatat pokok-pokok isi informasi
melalui rekaman atauteks yang dibacakan
·Menyampaikan secara lisan isi informasi
secara tuntut dan jelas
·Menyimpulkan isi informasi yang didengar
|
C1
C2
C2
|
Rekaman
informasi atau teks yang dibacakan
Pokok-pokok
isi informasi
Simpulan
informasi
|
4
2
4
|
2 x 45
|
10.1
|
Memberikan kritik terhadap
informasi dari media cetak dan atau elektronik
|
C5
|
·Mendata informasi dari sebuah artikel
dengan mencantunkan sumbernya
·Memberikan kritik dengan disertai alasan
·Merumuskan pokok persoalan yang menjadi
bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya,siapa yang memunculkan,kapan
dimunculkan,apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
|
C1
C1
C5
|
Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi
bahan perdebatan umum ( mis, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
Kata kunci (Saya kurang
sependapat......karena.....)
untuk menyampaikan kritik terhadap suatu pendapat atau
gagasan
|
4
4
4
|
4 x 45
|
10.2
|
Memberikan persetujuan/
dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau
elektronik
|
C5
|
·Mendata informasi dari sebuah artikel
dengan mencantunkan sumbernya
·
Memberikan
persetujuan/dukungan dengan bukti pendukung(disertai dengan alasan)
·
Merumuskan pokok
persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya,siapa
yang memunculkan,kapan dimunculkan,apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.
|
C1
C1
C5
|
Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan
perdebatan umum ( mis, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
Kata kunci (Saya sependapat......karena.....)
untuk menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan
|
4
4
4
|
4 x 45
|
11.1
|
Merangkum seluruh isi
informasi teks buku ke dalam beberapa
kalimat dengan membaca memindai
|
C3
|
Mencatat
pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk
Merangkum
seluruh isi informasi (yang diperoleh dari
halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
Menilai
rangkuman yang telah dibuat
|
C1
C2
C3
|
Pokok-pokok
isi informasi
Rangkuman
isi buku
|
2
4
2
|
4 x 45
|
11.2
|
Merangkum seluruh isi
informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan
membaca memindai
|
C2
|
Menjelaskan
tabel dan grafik
Mengemukakan
secara lisan atau tertulis isi tabel/grafik yang terdapat dalam bacaan ke
dalam beberapa kalimat
Merangkum
isi informasi dari suatu tabel/grafik
|
C1
C2
C2
|
Tabel
dan grafik
Teks
bacaan yang berisi tabel/grafik
Rangkuman isi tabel/grafik
|
3
3
4
|
4 x 45
|
12.1
|
Menulis gagasan untuk
mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
|
C5
|
Mendaftar
topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif
Menyusun
kerangka paragraf argumentatif
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf argumentatif dengan menggunakan kata penghubung antarkalimat
(oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu, dll.) dalam paragraf
argumentatif
Mengoreksi
paragraf argumentatif yang ditulis
teman
|
C1
C3
C5
C5
|
Contoh paragraf argumentatif
Kerangka paragraf argumentatif
Karangan argumentasi
Karangan argumentasi
|
4
4
4
4
|
4 x 45
|
12.2
|
Menulis gagasan untuk
meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk
paragraf persuasif
|
C5
|
Mendaftar
topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf persuasif
Menyusun kerangka paragraf persuasif
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf persuasif dengan menggunakan kata penghubung antarklausa
(karena, jika, kalau, seperti, dll.) dalam paragraf persuasif
Mengoreksi
paragraf persuasif yang ditulis teman
|
C1
C3
C5
C5
|
Topik-topik paragraf persuasif
Kerangka paragraf persuasif
Karangan persuasif
Karangan persuasif
|
4
4
4
4
|
4 x 45
|
12.3
|
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan
menggunakan ejaan yang tepat
|
C6
|
Menentukan
topik wawancara
Menyusun
daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana)
Menyusun
pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
Merangkum
hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang
benar
|
C3
C5
C5
C6
|
Topik-topik wawancara
Daftar pertanyaan wawancara
Pokok-pokok informasi
Rangkuman hasil wawancara
|
3
4
4
4
|
4 x 45
|
12.4
|
Menyusun teks pidato
|
C5
|
Memilih
topik pidato
Menyusun
kerangka pidato
Menyusun
teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah
dipahami
Mengoreksi
teks pidato tulisan teman
|
C1
C3
C5
C5
|
Topik-topik pidato
Kerangka pidato
Teks pidato
|
4
4
4
4
|
4 x 45
|
13.1
|
Menemukan hal-hal yang
menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau
melalui rekaman
|
C3
|
Mengidentifikasi
karakteristik tokoh cerita rakyat yang
didengarkan
Menentukan
isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
Menemukan
hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan
kalimat yang efektif.
Mengungkapkan
kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
|
C1
C2
C2
C3
C3
|
Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan
secara langsung
Ciri-ciri cerita rakyat
Unsur-unsur intrisik (tema, penokohan, latar,
alur, sudut pandang)
Nilai-nilai (budaya, moral, agama)
Cara membuat synopsis
Hal-hal yang menarik tentang tokoh
|
4
4
3
4
4
|
4 x 45
|
13.2
|
Menjelaskan hal-hal yang
menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan
atau melalui rekaman
|
C3
|
Mengidentifikasi
karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
Menentukan
isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
Menemukan
hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan
menggunakan kalimat yang efektif.
Mengungkapkan
kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
|
C1
C2
C2
C3
C3
|
Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan
secara langsung
Ciri-ciri cerita rakyat
Unsur-unsur intrisik (tema, penokohan, latar,
alur, sudut pandang)
Nilai-nilai (budaya, moral, agama)
Cara membuat sinopsis
Hal-hal yang menarik tentang tokoh
|
4
4
3
4
4
|
4 x 45
|
14.1
|
Membahas isi puisi
berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi
melalui diskusi
|
C3
|
Membaca
puisi yang berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan
imajinasi
Mendiskusikan
isi puisi yang berkenaan dengan gambaran, penginderaan, perasaan, pikiran,
dan imajinasi
Membuat
laporan hasil diskusi mengenai isi puisi
( makna, gaya bahasa, dan diksi ) yang berkenaan dengan gambaran,
penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi
|
C1
C2
C3
|
Puisi yang berkenaan dengan gambaran
penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi
Isi puisi yang berkenaan dengan gambaran
penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi
Makna puisi, gaya bahasa, dan diksi
|
3
2
4
|
4 x 45
|
14.2
|
Menghubungkan isi puisi
dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
|
C5
|
Mengidentifikasi
puisi yang isinya berhubungan dengan realitas alam, sosial budaya, dan
masyarakat
Menjelaskan
isi puisi yang berhubungan dengan realitas alam, sosial budaya, dan
masyarakat
Menghubungkan
isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
Menyimpulkan
hasil diskusi yang berkenaan dengan puisi tentang realitas alam, sosial
budaya, dan masyarakat
|
C1
C2
C3
C4
|
Puisi (realitas alam, sosial budaya, dan
masyarakat)
Penjelasan puisi (realitas alam, sosial
budaya, dan masyarakat)
Hubungan isi puisi (realitas alam, sosial
budaya, dan masyarakat)
Simpulan hasil diskusi mengenai hubungan
puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat
|
3
2
3
4
|
4 x 45
|
15.1
|
Mengidentifikasi
karakteristik dan struktur unsur
intrinsik sastra Melayu klasik
|
C3
|
Mengidentifikasi
karakteristik karya sastra Melayu
klasik
Menentukan
struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
Menuliskan
secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik (sinopsis) dengan bahasa
sendiri ke dalam beberapa paragraph
|
C1
C2
C3
|
Karakteristik sastra Melayu klasik
Unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya
sastra Melayu klasik
Sinopsis sastra Melayu klasik
|
3
2
4
|
4 x 45
|
15.2
|
C4
|
Mengartikan
kata-kata sulit dalam karya sastra Melayu klasik
Menjelaskan
nilai-nilai (sosial, pendidikan, dan budaya) dalam sastra Melayu klasik
Menganalisis
nilai-nilai kehidupan dalam sastra Melayu klasik
Mengaitkan
nilai-nilai kehidupan dalam sastra Melayu klasik dengan nilai-nilai masa kini
|
C1
C2
C4
C4
|
Kata-kata sulit dalam sastra Melayu klasik
Nilai-nilai dalam sastra Melayu klasik
Analisis nilai kehidupan dalam sastra Melayu
klasik
Kaitan antara nilai-nilai yang terdapat dalam
sastra Melayu klasik dengan nilai masa kini
|
3
2
4
2
|
4 x 45
|
|
16.1
|
Menulis karangan
berdasarkan kehidupan diri sendiri
dalam cerpen (pelaku, peristiwa,
latar)
|
C3
|
Menyebutkan
ciri-ciri cerpen
Menentukan
topik cerpen yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri
Menulis
kerangka cerpen dengan memerhatikan kronologis waktu dan peristiwa
Mengembangkan
kerangka yang telah dibuat dalam
bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan
pilihan kata, tanda baca, dan ejaan
|
C1
C2
C3
C4
|
Ciri-ciri cerpen
Topik cerpen berdasarkan kehidupan diri
sendiri
Kerangka cerpen berdasarkan kronologis waktu
dan peristiwa
Karangan cerpen berdasarkan kehidupan diri
sendiri
|
2
4
4
4
|
4 x 45
|
16.2
|
Menulis karangan
berdasarkan pengalaman orang lain
dalam cerpen (pelaku, peristiwa,
latar)
|
C4
|
Menentukan
topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek
Menulis
kerangka cerita pendek dengan memperhatikan
pelaku, peristiwa, latar
Mengembangkan
kerangka yang telah dibuat dalam
bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata,
tanda baca, dan ejaan
|
C2
C3
C4
|
Topik cerpen yang berhubungan dengan
pengalaman orang lain
Kerangka cerpen berdasarkan pengalaman orang
lain
Cerpen berdasarkan pengalaman orang lain
|
4
4
4
|
4 x 45
|
Mengetahui,
Makassar Januari 2 015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. A. Abd.
Fattah, M.Pd
Sulaiman,
S.pd
NIP 19601116
198503 1 016 NIP 19671118
199903 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar