Kamis, 01 Januari 2015

PEMETAAN

PEMETAAN STANDAR ISI
Satuan Pendidikan                         :     SMA Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran                               :     Bahasa Indonesia                                
Kelas/Program                                :     X- Umum          
Semester                                          :     Ganjil dan Genap                        
STANDAR KOMPETENSI  :     1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, dan 16
Kompetensi Dasar
Tingkat Berpikir
Indikator
Tingkat Berpikir
Materi Pokok/Pengembangan
Ruang Lingkup
Waktu
1.1
Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 
C5
Menuliskan isi siaran televisi melalui rekaman yang telah disiapkan  dengan urutan yang runtut.

Menyampaikan kembali secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.

Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
C1





C3





C5


Rekaman berita radio/ televisi




Pokok-pokok isi berita





Tanggapan isi berita


4





2





2
2 x 45
1.2
Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disam­­paikan secara  langsung/melalui rekam­an
C3
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, konflik, amanat, dll)

Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral, kebudayaan, agama, dll)

Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman

C2




C2




C3




Unsur  intrinsik  (tema, penokohan, konflik, amanat, dll)







Unsur ekstrinsik (moral, budaya, agama)

2




2




2
2 x 45
2.1
Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
C3
Mengucapkan kalimat perkenalan sebagai moderator dengan intonasi yang tepat.

Menggunakan diksi yang tepat.

Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan.

Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai

C1




C2


C2





C3

Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang  lain di dalam forum resmi:
1.      Penggunaan diksi
2.      Penggunaan struktur kalimat


2




2


2





2
2 x 45
2.2
Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 
C4
Mencatat masalah dari berbagai sumber.

Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku.

Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan.

Mendaftarkan kata-kata sulit dalam teks bacaan.

Membahas makna kata-kata sulit

C1


C2



C3




C4


C4



1.   Teks berita, artikel, atau buku.
2.   Penentuan masalah dalam berita.
3.   Daftar kata sulit dan maknanya.




4


2



2




4


2
2 x 45
2.3
Menceritakan  berbagai pengalaman  dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
C2
Menyampaikan secara lisan pangalaman pribadi (lucu, menyenangkan, mengaharukan, dsb) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.


C2






C2

Cerita Pengalaman (lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb)
1.      Penggunaan diksi
2.      Pengunaan intonasi, jeda, dan ekspresi

2








2
2 x 45
3.1
Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)
C4
Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut

Menemukan ide pokok paragraf dalam teks

C3



C3



C4
Teks nonsastra dari berbagai sumber
Ide pokok tiap paragraf
Fakta dan opini
Ringkasan isi

3



4



3
2 x 45







3.2
Mengidentifikasi ide pokok teks  nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik  membaca ekstensif  
C4
Mengidentifikasi ide  pokok tiap paragraf

Mengidentifikasi  fakta dan pendapat 

Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat
C1


C1


C4
Teks nonsastra dari berbagai sumber
Ide pokok tiap paragraf
Fakta dan opini
Ringkasan isi








3


3


4



2 x 45
4.1
Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif 
C4
Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif

Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa

Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi karangan naratif

Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif

Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
C1




C2




C3




C3



C4
Paragraf naratif
Pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)
Ciri/karakteristik
Kerangka
Penggunaan kata ulang

3




4




4




4



3
6 x 45
4.2
Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif 
C4
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan

Menyusun kerangka paragraf deskriptif

Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  

Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif

Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
C1





C2


C3



C3


C4
Paragraf deskriptif
Contoh paragraf deskriptif
Ciri/karakteristik paragraf deskriptif
Kerangka paragraf deskriptif
Contoh penggunaan frase ajektif dalam paragraf deskriptif
4






4



4



4



3
6 x 45
4.3
Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif 
C4
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif

Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif

Menyusun kerangka paragraf ekspositif

Menyunting paragraf eksposisi yang ditulis  teman
C1




C1



C3



C3


C4
Contoh paragraf ekspositif
Pola pengembangan paragraf ekspositif
Contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
4




3



4




4


3
6 x 45
5.1
Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman  
C2
·     Mengidentifikasi bentuk puisi
·     Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
·     Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan

·     Menemukan arti kata-kata berkonotasi dan makna lambang

C1

C1



C2



C2
Bentuk puisi (quatrain, terzina, dll.)
Puisi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
Unsur-unsur puisi
Kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang





2

2



2



4
2 x 45
5.2
Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman 
C2
·     Menyebutkan  tema puisi yang didengar
·     Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
·     Menjelaskan maksud puisi
·     Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri
C1

C1



C2

C2
Tema puisi
Jenis-jenis puisi
Puisi
Isi puisi

2

2





2

2
2 x 45
6.1
Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi  
C3
·     Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·     Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak lang-sung dalam cerpen
·     Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
·     Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.

C1



C1



C2


C3
Naskah cerita pendek



Kalimat langsung dan tak langsung


Hal yang menarik dalam cerpen

Unsur-unsur intrinsik
2



2



3


4
4 x 45
6.2
Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan diskusi 
C4
·     Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen (moral, sosial, budaya, pendidikan, agama)
·     Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
·     Mengaitkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen dengan kehidupan sehari-hari (moral, sosial, budaya, pendidikan, agama)
C2




C3


C4
Nilai moral, sosial, budaya, pendidikan, agama dalam sebuah cerpen

Diskusi nilai moral, sosial, budaya, pendidikan, agama
Mengaitkan nilai moral, sosial, budaya, pendidikan, agama dengan kehidupan sehari-hari
2




4


2
4 x 45
7.1
Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
C3
·      Membaca puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
·     Menanggapi pembacaan puisi mengenai lafal,nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
·     Menilai pembacaan puisi berdasarkan rubrik penilaian
C1




C2




C3

·  Membaca puisi

·  Penanggapan pembacaan puisi dari segi:
-    Lafal
-    Nada
-   Tekanan
-          -  Intonasi

3




2




4
2 x 45
7.2
Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari

C4
·     Membaca cerpen

·      Mengidentifikasi  unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) suatu cerpen

·      Mengaitkan tema, penokohan, dan amanat cerpen dengan kehidupan sehari-hari

C1


C1




C4
·  Mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen

·  Membaca cerpen

3


3




2
2 x 45
8.1
Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
C3
·      Mengidentifikasi  puisi lama (pantun dan syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis pantun/syair dengan memperhatikan bait, rima, dan irama
·      Membedakan bentuk pantun dan syair
·      Mengoreksi puisi lama (pantun dan syair) yang dibuat teman
C1





C2




C2



C3
Contoh puisi lama
(pantun dan syair)
·      Bait
·      Irama
·      Rima
·      Perbedaan pantun dengan syair

4





4




3



4
2 x 45

8.2
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
C3
·      Mengidentifikasi  puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·      Mengoreksi puisi baru yang dibuat teman
C1





C2



C3
Contoh puisi baru
·  Ciri-ciri puisi baru
·  Bait
·  Rima
·  irama

4




4




4
2 x 45
9.1
Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
C2
·Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
·   Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·Menyampaikan secara lisan isi informasi yang teleh ditulis secara runtut dan jelas.

C1



C2


C2
Informasi dari tuturan langsung tentang topik tertentu
Pokok-pokok isi informasi


4




4



2
2 x 45
9.2
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) 
C2
·Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atauteks yang dibacakan
·Menyampaikan secara lisan isi informasi secara tuntut dan jelas
·Menyimpulkan isi informasi yang didengar

C1


C2


C2
Rekaman informasi atau teks yang dibacakan
Pokok-pokok isi informasi
Simpulan informasi

4




2




4
2 x 45
10.1
Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
C5
·Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantunkan sumbernya
·Memberikan kritik dengan disertai alasan
·Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya,siapa yang memunculkan,kapan dimunculkan,apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
C1



C1

C5



Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum ( mis, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)


Kata kunci (Saya kurang sependapat......karena.....)
untuk menyampaikan kritik  terhadap suatu pendapat atau gagasan




4



4


4
4 x 45
10.2
Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik  
C5
·Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantunkan sumbernya
·   Memberikan persetujuan/dukungan dengan bukti pendukung(disertai dengan alasan)
·  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya,siapa yang memunculkan,kapan dimunculkan,apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.
C1


C1




C5
      Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum ( mis, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)

      Kata kunci (Saya sependapat......karena.....)
untuk menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan


4



4




4






4 x 45
11.1
Merangkum seluruh isi informasi  teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai   
C3
Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu  yang dirujuk

Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari  halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat

Menilai rangkuman yang telah dibuat
C1



C2




C3
Pokok-pokok isi informasi
Rangkuman isi buku

2




4






2
4 x 45
11.2
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai  
C2
Menjelaskan tabel dan grafik

Mengemukakan secara lisan atau tertulis isi tabel/grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat

Merangkum isi informasi dari suatu tabel/grafik
C1


C2







C2
Tabel dan grafik


Teks bacaan yang berisi tabel/grafik





Rangkuman  isi tabel/grafik

3


3







4
4 x 45
12.1
Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
C5
Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif

Menyusun kerangka paragraf argumentatif

Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif dengan menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu, dll.) dalam paragraf argumentatif

Mengoreksi paragraf argumentatif yang ditulis  teman
C1






C3



C5










C5
Contoh paragraf argumentatif




Kerangka paragraf argumentatif

Karangan argumentasi









Karangan argumentasi


4





4



4










4
4 x 45
12.2
Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif
C5
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf persuasif

 Menyusun kerangka paragraf persuasif

Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif dengan menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.) dalam paragraf persuasif

Mengoreksi paragraf persuasif yang ditulis  teman
C1






C3



C5










C5
Topik-topik paragraf persuasif





Kerangka paragraf persuasif


Karangan persuasif








Karangan persuasif

4






4


4










4
4 x 45
12.3
Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
C6
Menentukan topik wawancara

Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)

Menyusun pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara

Merangkum hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar
C3


C5





C5



C6
Topik-topik wawancara


Daftar pertanyaan wawancara





Pokok-pokok informasi



Rangkuman hasil wawancara
3


4







4




4
4 x 45
12.4
Menyusun  teks pidato
C5
Memilih topik pidato

Menyusun kerangka pidato

Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami

Mengoreksi teks pidato tulisan teman
C1


C3


C5





C5
Topik-topik pidato
Kerangka pidato
Teks pidato
4

4


4





4
4 x 45
13.1
Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
C3
Mengidentifikasi karakteristik tokoh  cerita rakyat yang didengarkan

Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat

Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat

Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.

Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
C1




C2




C2




C3






C3




Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung

Ciri-ciri cerita rakyat

Unsur-unsur intrisik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)

Nilai-nilai (budaya, moral, agama)

Cara membuat synopsis

Hal-hal yang menarik tentang tokoh





4




4




3



4






4
4 x 45
13.2
Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman 
C3
Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan

Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat

Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat

Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.

Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
C1




C2





C2



C3






C3


Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung

Ciri-ciri cerita rakyat

Unsur-unsur intrisik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)

Nilai-nilai (budaya, moral, agama)

Cara membuat sinopsis

Hal-hal yang menarik tentang tokoh

4




4





3



4






4
4 x 45
14.1
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi
C3
Membaca puisi yang berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi

Mendiskusikan isi puisi yang berkenaan dengan gambaran, penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi

Membuat laporan hasil diskusi mengenai isi puisi       ( makna, gaya bahasa, dan diksi ) yang berkenaan dengan gambaran, penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi
C1






C2







C3





Puisi yang berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi

Isi puisi yang berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi

Makna puisi, gaya bahasa, dan diksi
3







2






4

4 x 45
14.2
Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi
C5
Mengidentifikasi puisi yang isinya berhubungan dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat

Menjelaskan isi puisi yang berhubungan dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat

Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi

Menyimpulkan hasil diskusi yang berkenaan dengan puisi tentang realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat
C1






C2





C3





C4




Puisi (realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat)

Penjelasan puisi (realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat)

Hubungan isi puisi (realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat)

Simpulan hasil diskusi mengenai hubungan puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan  masyarakat


3






2






3




4




4 x 45
15.1
Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
C3
Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik

Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik

Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik (sinopsis) dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraph
C1



C2




C3
Karakteristik sastra Melayu klasik

Unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra Melayu klasik

Sinopsis sastra Melayu klasik
3



2




4
4 x 45

15.2
C4
Mengartikan kata-kata sulit dalam karya sastra Melayu klasik

Menjelaskan nilai-nilai (sosial, pendidikan, dan budaya) dalam sastra Melayu klasik

Menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam sastra Melayu klasik

Mengaitkan nilai-nilai kehidupan dalam sastra Melayu klasik dengan nilai-nilai masa kini



C1



C2





C4




C4





Kata-kata sulit dalam sastra Melayu klasik

Nilai-nilai dalam sastra Melayu klasik

Analisis nilai kehidupan dalam sastra Melayu klasik

Kaitan antara nilai-nilai yang terdapat dalam sastra Melayu klasik dengan nilai masa kini
3



2





4




2







4 x 45
16.1
Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
C3
Menyebutkan ciri-ciri cerpen

Menentukan topik cerpen yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri

Menulis kerangka cerpen dengan memerhatikan kronologis waktu dan peristiwa

Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan
C1


C2




C3






C4
Ciri-ciri cerpen

Topik cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri

Kerangka cerpen berdasarkan kronologis waktu dan peristiwa

Karangan cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri


2


4




4






4
4 x 45
16.2
Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
C4
Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek

Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar

Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan
C2





C3





C4






Topik cerpen yang berhubungan dengan pengalaman orang lain

Kerangka cerpen berdasarkan pengalaman orang lain

Cerpen berdasarkan pengalaman orang lain
4





4





4




4 x 45



Mengetahui,                                                                                                                                             Makassar     Januari  2 015
Kepala Sekolah                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
 

Drs. H. A. Abd. Fattah, M.Pd                                                                                                                Sulaiman, S.pd                         
NIP 19601116 198503 1 016                                                                                                                    NIP 19671118 199903 1 001

                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar