ANALISIS PROGRAM SEMESTER
SEKOLAH : SMA
NEGERI 19 MAKASSAR MATA PELAJARAN : BHS. INDONESIA
KELAS
/SEMESTER : X / GENAP TAHUN
PELAJARAN : 2014-2015
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI WAKTU (JP)
|
BULAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Mendengarkan
9.Memahami informasi melalui
tuturan
|
9.1. Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan
langsung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
· Menyimpulkan isi
informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
· Menyampaikan
secara lisan isi informasi yang telah ditulis
secara runtut dan jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.2. Menyimpulkan isi informasi yang
didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·Mencatat
pokok-pokok isi informasi melalui
rekaman atau teks yang dibacakan
·Menyampaikan
secara lisan isi informasi secara
runtut dan jelas
·Menyimpulkan isi informasi yang didengar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbicara
10.Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari
berbagai sumber
|
10.1. Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau
elektronik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Mendata
informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
· Merumuskan
pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya,
siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar
belakangnya, dsb.)
· Memberikan kritik
dengan disertai alasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.2. Memberikan persetujuan/ dukungan
terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Mendata
informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
· Merumuskan
pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya,
siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar
belakangnya, dsb.)
· Memberikan
persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca
11.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
|
11.1. Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat
dengan membaca memindai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
tertentu pada buku tersebut
·
Mencatat
pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk
·
Merangkum
seluruh isi informasi (yang diperoleh dari
halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·
Membahas
rangkuman yang telah dibuat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.2 Merangkum seluruh
isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat
dengan membaca memindai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengungkapkan
(secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke
dalam beberapa kalimat
· Merangkum
isi informasi dari suatu tabel/ grafik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf
dan teks pidato
|
12.1 Menulis
gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mendaftar
topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif
·
Menyusun
kerangka paragraf argumentatif
·
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf argumentatif
·
Menggunakan kata penghubung
antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam
paragraf argumentatif
· Menyunting
paragraf argumentatif yang ditulis
teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.2
Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau
melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf
persuasif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mendaftar
topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
·
Menyusun
kerangka paragraf persuasif
·
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf persuasif
· Menggunakan
kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam
paragraf persuasif
· Menyunting
paragraf persuasif yang ditulis teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.3 Menulis
hasil wawancara ke dalam beberapa
paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menentukan topik
·
Menyusun daftar pertanyaan dengan
memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana)
·
Mencatat pokok-pokok informasi yang
diperoleh dari wawancara
· Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa
paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.4
Menyusun teks pidato
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyusun teks pidato berdasarkan
kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·
Menyunting teks pidato tulisan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
|
13.1 Menemukan hal-hal
yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan
atau melalui rekaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·
Menentukan isi
dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·
Menemukan
hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan
menggunakan kalimat yang efektif.
·
Mengungkapkan
kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.2 Menjelaskan
hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara
langsung dan atau melalui rekaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·
Menentukan isi
dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·
Menemukan
hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan
menggunakan kalimat yang efektif.
·
Mengungkapkan
kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui
diskusi
|
14.1 Membahas
isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan
imajinasi
melalui diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mendiskusikan isi puisi (gambaran
penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
· Mendiskusikan maksud/ makna puisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.2 Menghubungkan
isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Mendiskusikan
(hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya,
hubungan isi puisi dengan masyarakat)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca
15. Memahami sastra
Melayu klasik
|
15.1 Mengidentifikasi
karakteristik dan struktur unsur
intrinsik sastra Melayu klasik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi karakteristik karya
sastra Melayu klasik
·
Menentukan
struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
·
Menuliskan
secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam
beberapa paragraf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra
Melayu klasik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menemukan
nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
|
16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menentukan topik yang berhubungan
dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis
cerita pendek
·
Menulis kerangka cerita pendek
dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·
Mengembangkan
kerangka yang telah dibuat dalam
bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan
pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.2 Menulis karangan
berdasarkan pengalaman orang lain
dalam cerpen (pelaku, peristiwa,
latar)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menentukan topik yang berhubungan
dengan pengalaman orang lain untuk menulis
cerita pendek
·
Menulis kerangka cerita pendek
dengan memperhatikan pelaku, peristiwa, latar
·
Mengembangkan
kerangka yang telah dibuat dalam
bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata,
tanda baca, dan ejaan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Makassar,
Januari 2015
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. H. A. Abd. Fattah, M.Pd Sulaiman, S. Pd
NIP 19601116 198503 1 016
NIP 19671118 199903 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar