Kamis, 01 Januari 2015

ANALISIS PROGRAM SEMESTER


SEKOLAH                  : SMA NEGERI 19 MAKASSAR                                      MATA PELAJARAN             : BHS. INDONESIA
KELAS /SEMESTER          : X / GENAP                                                                         TAHUN PELAJARAN             : 2014-2015

STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
ALOKASI WAKTU (JP)
BULAN
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Mendengarkan                               9.Memahami  informasi melalui tuturan

9.1. Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung 































·   Mencatat pokok-pokok isi  informasi yang disampaikan  melalui tuturan langsung
·   Menyimpulkan  isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
































9.2. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)  































·Mencatat pokok-pokok isi  informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
·Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas
·Menyimpulkan isi informasi yang didengar


































































































Berbicara
10.Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
10.1. Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik 































·   Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·   Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·   Memberikan  kritik  dengan disertai alasan
































10.2. Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik































·   Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·   Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·   Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an































Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
11.1. Merangkum seluruh isi informasi  teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai   































·      tertentu pada buku tersebut
·      Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu  yang dirujuk
·      Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari  halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·      Membahas rangkuman yang telah dibuat































11.2   Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai  































·      Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
·      Merangkum isi informasi  dari suatu tabel/ grafik































































































Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato
12.1    Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
































·      Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif
·      Menyusun kerangka paragraf argumentatif
·      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif  
·      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif
·      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman
































12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif































·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
·   Menyusun kerangka paragraf persuasif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif  
·   Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif
·   Menyunting paragraf persuasif yang ditulis  teman


































12.3     Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat































·   Menentukan topik
·   Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar
































12.4    Menyusun  teks pidato 































·   Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·   Menyunting teks pidato tulisan teman
































































































Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
13.1            Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
































































































·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
































13.2          Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman 































·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis































































































Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
14.1           Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi
































·   Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·   Mendiskusikan  maksud/ makna puisi
































14.2          Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi 































· Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)































































































Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik
15.1        Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik































·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
·   Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
·   Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
































15.2  Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik































·   Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
·   Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
































































































Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen
16.1           Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
































·      Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
·      Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
































16.2          Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)































·      Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek
·      Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar
·      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.



































































Makassar,  Januari 2015
Mengetahui                                                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



Drs. H. A. Abd. Fattah, M.Pd                                                                                                                        Sulaiman, S. Pd
NIP 19601116 198503 1 016                                                                                                                           NIP 19671118 199903 1 001












Tidak ada komentar:

Posting Komentar