Kamis, 01 Januari 2015

KKM KELAS X BAHASA INDONESIA

SMA NEGERI 19 MAKASSAR
 PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN MINIMAL
PER KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN  BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS X UMUM
SEMESTER GENAP   TAHUN  PELAJARAN   2014-2015
STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KETUNTASAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa KKM
2 Kompleksitas:
Standar Kompetensi :           - Tinggi = 50-65
SK  9.Memahami  informasi melalui tuturan           - Sedang = 66-80 
KD : 9.1. Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung             - Rendah = 81-100
  Ø  Mencatat pokok-pokok isi  informasi yang disampaikan  melalui tuturan langsungn 76 76 76 76 3 Daya dukung:
  Ø   Menyimpulkan  isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. 78 75 78 77 - Tinggi = 85-100
  Ø  Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas 79 75 79 78 - Sedang = 70-84
  KKM KD       77 4 Intake:
KD : 9.2. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan           - Tinggi = 80-100
  Ø  Mencatat pokok-pokok isi  informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan 76 75 76 76 - Sedang = 60-79
  Ø  Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas 78 78 78 78
  Ø  Menyimpulkan isi informasi yang didengar 79 75 79 78 - Rendah = 40-59
  KKM KD       77
  KKM SK       77
SK  10.Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber          
KD : 10.1. Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik            
  Ø  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya 75 75 75 75
  Ø  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)  75 75 75 75
  Ø  Memberikan  kritik  dengan disertai alasan 75 75 75 75
  KKM KD       75
KD : 10.2. Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik           
  Ø  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya 75 75 70 73
  Ø  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat . 75 75 70 73
  Ø  Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung disertai alasan 75 75 70 73
  KKM KD       73
  KKM SK       77
SK  11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai          
KD : 11.1. Merangkum seluruh isi informasi  teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai              
  Ø  Merangkum be 75 75 76 75
  Ø  Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu  yang dirujuk 75 75 76 75
  Ø  Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari  halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat 75 75 77 76
  Ø   Membahas rangkuman yang telah dibuat 75 75 78 76
  KKM KD       76
KD : 11.2  Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai             
  Ø  Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat  75 75 70 73
  Ø  Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung 75 75 70 73
  KKM KD       73
  KKM SK       74
SK 4. 12. Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato          
KD : 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif          
  Ø  Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif  75 75 76 75
  Ø  Menyusun kerangka paragraf argumentatif  75 75 76 75
  Ø  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif    75 75 77 76
  Ø  Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif 79 75 78 77
  Ø  Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman  78 75 70 74
  KKM KD       75
KD :12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif          
  Ø  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian  76 75 76 76
  Ø  Menyusun kerangka paragraf persuasif 78 75 78 77
  Ø  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif    76 76 76 76
  Ø  Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif 78 78 78 78
  Ø  Menyunting paragraf persuasif yang ditulis  teman  79 79 79 79
  KKM KD       77
KD : 12.3 Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat           
  Ø  Menentukan topik  75 75 76 75
  Ø  Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)  75 75 76 75
  Ø  Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara 75 75 77 76
  Ø  Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar 78 75 78 77
  KKM KD       75
KD : 12.4    Menyusun  teks pidato            
  Ø  Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami 80 75 70 75
  Ø  Menyunting teks pidato tulisan teman 80 75 70 75
  KKM KD       75
  KKM SK       76
SK  13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan           
KD :13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman           
  Ø  Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan  75 75 78 76
  Ø  Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat  75 75 76 75
  Ø  Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat 75 75 78 76
  Ø  Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. 75 75 75 75
  Ø  Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis 75 75 75 75
  KKM KD       76
KD : 13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman            
  Ø  Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan  75 75 78 76
  Ø  Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat  75 75 76 75
  Ø  Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat 75 75 78 76
  Ø  Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif 75 75 78 76
  Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis 75 75 75 75
  KKM KD       76
  KKM SK       76
SK  14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi          
KD : 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi           
  Ø  Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi) 75 75 75 75
  Ø  Mendiskusikan  maksud/ makna puisi 75 75 75 75
  KKM KD       75
KD : 14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi            
  Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat) 75 75 75 75
  KKM KD       75
  KKM SK       75
SK  15. Memahami sastra Melayu klasik          
KD : 15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik           
  Ø  Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik 75 75 78 76
  Ø  Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini 75 75 76 75
  Ø  Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf 75 75 78 76
  KKM KD       76
KD : 15.2 Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik          
  Ø  Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik 75 75 75 75
  Ø  Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini 75 75 75 75
  KKM KD       75
  KKM SK       75
SK 16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen          
KD : 16.1 Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)          
  Ø  Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek 78 75 70 74
  Ø  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa 75 75 75 75
  Ø  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. 75 75 75 75
  KKM KD       75
KD : 16.2 Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)          
  Ø  Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek 75 75 75 75
  Ø  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar  75 75 75 75
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. 80 75 70 75
  KKM KD       75
  KKM SK       75
  KKM MATA PELAJARAN 76
Makassar,  Januari  2015
Mengetahui 
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. A. Abd. Fattah, M.Pd Sulaiman, S.Pd
NIP 19601116 198503 1 016 NIP 19671118 199903 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar