SMA NEGERI 19 MAKASSAR | |||||||||||
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||||||||||
PER KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | |||||||||||
MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS X UMUM | |||||||||||
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015 | |||||||||||
STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KETUNTASAN | ||||||||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | KKM | ||||||||
2 | Kompleksitas: | ||||||||||
Standar Kompetensi : | - | Tinggi = 50-65 | |||||||||
SK 9.Memahami informasi melalui tuturan | - | Sedang = 66-80 | |||||||||
KD : 9.1. Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung | - | Rendah = 81-100 | |||||||||
Ø Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsungn | 76 | 76 | 76 | 76 | 3 | Daya dukung: | |||||
Ø Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. | 78 | 75 | 78 | 77 | - | Tinggi = 85-100 | |||||
Ø Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas | 79 | 75 | 79 | 78 | - | Sedang = 70-84 | |||||
KKM KD | 77 | 4 | Intake: | ||||||||
KD : 9.2. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan | - | Tinggi = 80-100 | |||||||||
Ø Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan | 76 | 75 | 76 | 76 | - | Sedang = 60-79 | |||||
Ø Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas | 78 | 78 | 78 | 78 | |||||||
Ø Menyimpulkan isi informasi yang didengar | 79 | 75 | 79 | 78 | - | Rendah = 40-59 | |||||
KKM KD | 77 | ||||||||||
KKM SK | 77 | ||||||||||
SK 10.Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber | |||||||||||
KD : 10.1. Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik | |||||||||||
Ø Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Ø Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Ø Memberikan kritik dengan disertai alasan | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KD : 10.2. Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik | |||||||||||
Ø Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya | 75 | 75 | 70 | 73 | |||||||
Ø Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat . | 75 | 75 | 70 | 73 | |||||||
Ø Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung disertai alasan | 75 | 75 | 70 | 73 | |||||||
KKM KD | 73 | ||||||||||
KKM SK | 77 | ||||||||||
SK 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai | |||||||||||
KD : 11.1. Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | |||||||||||
Ø Merangkum be | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat | 75 | 75 | 77 | 76 | |||||||
Ø Membahas rangkuman yang telah dibuat | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
KKM KD | 76 | ||||||||||
KD : 11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | |||||||||||
Ø Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat | 75 | 75 | 70 | 73 | |||||||
Ø Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung | 75 | 75 | 70 | 73 | |||||||
KKM KD | 73 | ||||||||||
KKM SK | 74 | ||||||||||
SK 4. 12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato | |||||||||||
KD : 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif | |||||||||||
Ø Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Menyusun kerangka paragraf argumentatif | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif | 75 | 75 | 77 | 76 | |||||||
Ø Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif | 79 | 75 | 78 | 77 | |||||||
Ø Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman | 78 | 75 | 70 | 74 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KD :12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif | |||||||||||
Ø Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian | 76 | 75 | 76 | 76 | |||||||
Ø Menyusun kerangka paragraf persuasif | 78 | 75 | 78 | 77 | |||||||
Ø Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif | 76 | 76 | 76 | 76 | |||||||
Ø Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif | 78 | 78 | 78 | 78 | |||||||
Ø Menyunting paragraf persuasif yang ditulis teman | 79 | 79 | 79 | 79 | |||||||
KKM KD | 77 | ||||||||||
KD : 12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat | |||||||||||
Ø Menentukan topik | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara | 75 | 75 | 77 | 76 | |||||||
Ø Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar | 78 | 75 | 78 | 77 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KD : 12.4 Menyusun teks pidato | |||||||||||
Ø Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami | 80 | 75 | 70 | 75 | |||||||
Ø Menyunting teks pidato tulisan teman | 80 | 75 | 70 | 75 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KKM SK | 76 | ||||||||||
SK 13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan | |||||||||||
KD :13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | |||||||||||
Ø Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
Ø Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
Ø Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Ø Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
KKM KD | 76 | ||||||||||
KD : 13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | |||||||||||
Ø Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
Ø Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
Ø Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
KKM KD | 76 | ||||||||||
KKM SK | 76 | ||||||||||
SK 14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi | |||||||||||
KD : 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi | |||||||||||
Ø Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi) | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Ø Mendiskusikan maksud/ makna puisi | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KD : 14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi | |||||||||||
Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat) | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KKM SK | 75 | ||||||||||
SK 15. Memahami sastra Melayu klasik | |||||||||||
KD : 15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik | |||||||||||
Ø Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
Ø Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini | 75 | 75 | 76 | 75 | |||||||
Ø Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf | 75 | 75 | 78 | 76 | |||||||
KKM KD | 76 | ||||||||||
KD : 15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik | |||||||||||
Ø Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Ø Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KKM SK | 75 | ||||||||||
SK 16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen | |||||||||||
KD : 16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | |||||||||||
Ø Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek | 78 | 75 | 70 | 74 | |||||||
Ø Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Ø Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KD : 16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | |||||||||||
Ø Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Ø Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku, peristiwa, latar | 75 | 75 | 75 | 75 | |||||||
Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | 80 | 75 | 70 | 75 | |||||||
KKM KD | 75 | ||||||||||
KKM SK | 75 | ||||||||||
KKM MATA PELAJARAN | 76 | ||||||||||
Makassar, Januari 2015 | |||||||||||
Mengetahui | |||||||||||
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, | ||||||||||
Drs. H. A. Abd. Fattah, M.Pd | Sulaiman, S.Pd | ||||||||||
NIP 19601116 198503 1 016 | NIP 19671118 199903 1 001 |
Kamis, 01 Januari 2015
KKM KELAS X BAHASA INDONESIA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar